Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2023-10-22. Baca versi terbaru.

Rancang Bangun Sistem Cerdas Pengatur Kelembaban Tanah Pada Greenhouse untuk Tanaman Mawar menggunakan Esp32

Penulis

  • samsu Arifin Institut teknologi dan bisnis asia malang
  • Abril Gaspar institut teknoogi dan bisnis asia malang

DOI:

https://doi.org/10.32815/jiskomsia.v1i01.24

Kata Kunci:

pertanian, bunga mawar, ESP32, Soil Moisture

Abstrak

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor ekonomi penting di Indonesia. salah satu sub sektor pertanian yang terkenal adalah bunga mawar.  Bunga mawar biasa digunakan sebagai bunga potong dengan tujuan dimanfaatkan di berbagai bidang seperti hiasan, budaya, ibadah dan juga sebagai olahan produk sehingga kebutuhan bunga mawar dengan kualitas yang bagus diperlukan. Namun, dalam melakukan budidaya bunga mawar tidak semudah bunga lain. Bunga mawar memerlukan perhatian ekstra diberbagai bidang, salah satunya adalah kualitas kelembaban tanah. Diperlukan tenaga dan juga waktu yang lebih untuk mengecek dan juga mengatur kelembaban tanah agar dapat sesuai dengan kebutuhan bunga mawar. Namun sampai saat ini pengecekan dan juga pengaturan kelembaban tanah masih dilakukan secara manual sehingga kurang efesien, hal ini dikarenakan kurang nya penerapan teknologi.

            Berdasarkan permasalahan di atas, untuk meningkatkan efesiens waktu dan tenaga diperlukan penerapan teknologi yang tepat, salah satu teknologi yang diterapkan adalah mikrocontroller  ESP32 dan sensor soild moisture. Mikrocontroller ESP 32 merupakan komputer kecil yang memiliki sistem operasi tertentu, ESP32 juga yang memiliki banyak fitur unggulan seperti input/output Analog dan Digital, PWM, SPI, I2C, dll. ESP32 sangat cocok digunakan untuk mengolah / mengoperasikan berbagai sensor, salah satu sensor yang akan digunakan adalah soil moisture. Sensore soil mosture merupakan sensor yang berfungsi untuk mendeteksi nilai kelembaban tanah.

Sensor soil moisture dan ESP32 akan digunakan untuk merancang alat penyiraman tanaman yang dapat bekerja secara otomatis dengan mengolah data dari soil moisture. Data soil moisture akan di olah oleh ESP32, dengan hasil olahan akan menentukan nilai kondisi kelembaban tanah saat ini dan akan melakukan penyiraman secara otomatis jika kondisi kelembaban tanah kurang dari standar yang diperlukan.

Unduhan

Diterbitkan

2023-10-21 — Diperbaharui pada 2023-10-22

Versi

Cara Mengutip

Arifin, samsu, & Gaspar, A. (2023). Rancang Bangun Sistem Cerdas Pengatur Kelembaban Tanah Pada Greenhouse untuk Tanaman Mawar menggunakan Esp32. JURNAL SISTEM KOMPUTER ASIA, 1(01), 42–56. https://doi.org/10.32815/jiskomsia.v1i01.24 (Original work published 21 Oktober 2023)

Terbitan

Bagian

Articles