Implementasi Sistem Back Up Jalur Data (Load Balance And Failover) 2 ISP Dengan Metode Per-Connection Classifier Berbasis Mikrotik

Penulis

  • Misbah Hudaini institut teknoogi dan bisnis asia malang
  • Mufidatul Islamiyah Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang

Kata Kunci:

Load Balance and Failover, 2 ISP, Himakost, per-connection classifier, Mikrotik

Abstrak

Penelitian ini membahas Implementasi sistem back up jalur data (load balance and failover) 2 ISP dengan metode per-connection classifier berbasis mikrotik, dengan penelitian ini akan menampilkan hasil pengukuran ketika jaringan di himakost mengalami kendala lambat, putus dan solusinya.

Pada penelitian ini dari hasil kendala yang ada, dilakukan proses load balance menggunakan metode per-conncetion classifier yang fungsinya untuk menyeimbangkan beban traffic dan overload serta failover yang fungsinya untuk mem-backup data.

Dari hasil pengujian pengambilan sampel masing-masing 5 data dari load balance dapat diketahui bahwa hasil perbandingan monitoring beban traffic dan overload antara ISP-1 dengan ISP-2 serta penggabungannya memiliki perubahan yang signifikan, hal ini menunjukkan bahwa penerapan load balance di himakost berjalan dengan baik. Adapun pengujian failover, dilakukan pengujian dengan memutus masing-masing ISP dengan tujuan untuk mem-backup data dan terbukti keberhasilannya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-04-03